Cara Mengkonsumsi Madu yang Baik dan Benar

Madu merupakan bahan alami yang memiliki berbagai macam manfaat. Selain itu mengkonsumsi madu juga sangat dianjurkan bagi umat Muslim. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits : “penyembuhan bisa lewat tiga macam : bekam, minum madu, atau membakar dengan api. Dan aku melarang umatku membakar dengan api.” (HR. Bukhari).

Manfaat madu juga telah dibuktikan dalam berbagai penelitian sehingga untuk mendapatkan manfaat mengkonsumsi madu secara optimal khususnya untuk kesehatan maka diperlukan edukasi mengenai mengkonsumsi madu secara benar. Mengkonsumsi madu yang dimaksud termasuk dosis yang dianjurkan maupun aturan minum bagi anak dan lansia. Adapun cara mengkonsumsi madu yang baik dan benar antara lain :

1. Aturan minum madu setiap hari

Sebenarnya mengkonsumsi madu setiap hari sah-sah saja walaupun lebih baik tidak berlebihan karena mengkonsumsi madu secara berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah. Aturan pakai mengkonsumsi madu yang benar adalah maksimal 3-4 sendok makan per hari. Mengkonsumsi madu dapat dilakukan di pagi hari sebelum sarapan dan dikonsumsi sebelum tidur. 

2. Aturan mengkonsumsi madu bagi lansia

Madu merupakan salah satu produk yang aman dikonsumsi bagi lansia. Untuk aturan khusus mengkonsmsi madu bagi lansia tidak ada. Hanya saja untuk kesehatan madu dapat dicampurkan ke dalan susu atau minuman lainnya sebagai pengganti gula. Berdasarkan SNI 8664-2018 kandungan sukrosa  pada madu maksimal 5% sehingga sangat baik dikonsumsi oleh lansia. 

3. Mengkonsumsi madu tidak dianjurkan untuk bayi berumur dibawah 1 tahun

Aturan mengkonsumsi madu pada anak lebih baik berumur diatas 1 tahun. Hal ini dikarenakan madu memiliki risiko mengandung botulinum endospora  pada saat proses produksi maupun penyimpanan madu yang tidak tepat. Dikutip dari sehatq.com, Botulinum endospora dapat menyebabkan penyakit botulisme pada bayi. Penyakit ini merupakan jenis keracunan yang sangat serius dan dapat menyebabkan kelumpuhan. Baik madu mentah maupun madu pasteurisasi memiliki kemungkinan terkontaminasi spora tersebut sehingga sangat dianjurkan untuk bayi yang berumur dibawah 1 tahun menghindari risiko tersebut.

4. Mencampur madu dengan air lemon

Kombinasi madu dengan lemon dapat meningkatkan kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk mengontrol berat badan sekaligus membantu proses detoksifikasi tubuh. Selain itu minuman tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Adapun cara mengkonsumsi madu dengan lemon yaitu dengan mencampurkan 1 sendok makan madu ke dalam segelas air hangat. Kemudian ditambahkan perasan jeruk lemon dan madu dan diaduk hingga rata. Minuman campuran madu dan lemon pun siap dikonsumsi.

Demikian lah cara mengkonsumsi madu yang baik dan benar. Semoga bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-sehari. Bagi sobat Imago yang ingin membeli produk madu murni maupun madu yang diracik dengan herbal pilihan, Imago Raw Honey solusinya, selain keasliannya sudah teruji lab produk ini juga telah dilengkapi sertifikat.

artikel ditulis oleh : Ainun Mardiah Nasution, Mahasiswa Jurusan Teknologi Pangan, Universitas Djuanda Bogor / Program Magang IMAGO

Daftar Pustaka

SNI 8664:2018. Standar Nasional Indonesia tentang Madu. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.

Creativemarket.com. https://creativemarket.com/grafvision/52478-Honey-featuring-delicious-food-and-fresh 

Sehatq.com. https://www.google.com/amp/s/www.sehatq.com/artikel/cara-minum-madu-yang-benat-untuk-memaksimalkan-manfaatnya/amp 

Leave a Reply

Your email address will not be published.